Berdakwah Dengan Hati

Minggu, 29 Januari 2017

Hidung Anda Tersumbat? Ini Cara Cepat Menghilangkan Hidung Tersumbat. Simpan Artikel ini Dengan Cara Membagikannya di Timeline Media Sosial Anda

 Apakah Anda sudah bosan terus merasa terganggu oleh hidung tersumbat? Apakah kenyataan ini mengganggu aktivitas sehari-hari, yang membuat Anda kurang merasa sebagai manusia? Hidung tersumbat dapat terjadi karena berbagai sebab. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan empat cara dasar mengapa rongga hidung bisa tersumbat, kemudian menyediakan beberapa tips yang cepat dan mudah untuk menyembuhkan hidung tersumbat yang kronis maupun yang bersifat sementara. Para dokter telah menentukan empat penyebab utama terjadinya hidung tersumbat: infeksi, kelainan struktural, alergi, dan vasomotor rhinitis.


Hidung tersumbat dapat terjadi karena berbagai sebab. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan empat cara dasar mengapa rongga hidung bisa tersumbat, kemudian menyediakan beberapa tips yang cepat dan mudah untuk menyembuhkan hidung tersumbat yang kronis maupun yang bersifat sementara. Para dokter telah menentukan empat penyebab utama terjadinya hidung tersumbat: infeksi, kelainan struktural, alergi, dan vasomotor rhinitis.

Beginilah cara menghilangkan hidung tersumbat dengan cepat:

1. Pertimbangkan membuang ingus
Meski orang-orang yang terserang flu sering berbeda pendapat tentang seberapa efektifnya membuang ingus, tampaknya tindakan ini tetap harus dilakukan secara terus-menerus. Namun sesungguhnya, apakah hal tersebut benar-benar bisa melegakan hidung tersumbat dan menyingkirkan lendir? Apa yang dikatakan oleh ilmu pengetahuan tentang klaim tersebut? Mari kita lihat bersama.

- Sebuah penelitian di University of Virginia meneliti masalah tersebut dengan meneteskan pewarna ke dalam rongga hidung subyek yang tersumbat dan meminta mereka untuk membuang ingus, sambil memberi mereka CT scan. Para ilmuwan menemukan bahwa kegiatan membuang ingus menyebabkan tekanan yang signifikan pada sinus, sehingga lendir akan selalu kembali ke dalam sinus.[1] Mungkin rasanya nyaman, tetapi membuang ingus dengan cara tradisional ternyata memperparah kondisi.

- Para ilmuwan menyarankan untuk membuang ingus dari satu lubang hidung pada satu waktu, yang disertai dengan pemberian dekongestan dalam dosis yang ditentukan.

2. Memakai larutan Obat Cina
Larutan obat Cina ini tak perlu Anda beli di apotek atau pun rumah herbal Cina. Anda bisa membuatnya sendiri. Caranya cukup mudah kok. Tambahkan satu sendok teh garam ke dalam satu cangkir air hangat, lalu aduk hingga garamnya larut. Teteskan air garam tersebut ke dalam satu lubang hidung menggunakan pipet sambil memiringkan kepala sedikit ke belakang. Biarkan air garam berada dalam lubang hidung selama 10 detik, kemudian keluarkan air garam dan lendir dari lubang hidung dengan lembut. Ulangi pada lubang hidung yang lain.

3. Gunakan Balsem di dada Anda untuk meredakan hidung tersumbat dengan cepat

Balsem ini dibalurkan merata di dada Anda. Diamkan sejenak dan rasa hangat akan menjalar di dada Anda.

4. Gunakan neti pot

Dalam beberapa kasus, mengairi hidung dapat memberi pertolongan cepat terhadap hidung tersumbat tanpa menggunakan obat-obatan. Cobalah menggunakan neti pot; tampilannya memang lebih menakutkan untuk digunakan daripada kenyataan yang sebenarnya. Neti pot bekerja dengan menipiskan lendir dan mengeluarkannya dari rongga hidung.

- Ikuti petunjuk yang disertakan dalam neti pot. Semua neti pot dilengkapi dengan instruksi yang harus diikuti. Berikut ini adalah langkah-langkah yang umum. Siapkan larutan untuk mengaliri hidung yang terbuat dari 450 ml air suam-suam kuku (dan steril), dicampur dengan 1 sdt garam. Isi neti pot Anda dengan larutan garam tersebut.

- Miringkan kepala pada sudut 45 derajat dan arahkan ujung neti pot pada lubang hidung paling atas. Larutan garam akan masuk ke dalam salah satu lubang hidung, mengalir melalui rongga hidung Anda, dan keluar dari lubang hidung yang lain.

- Jika larutannya menetes ke dalam mulut Anda, ludahkan saja.

- Hembuskan hidung dan ulangi prosesnya pada lubang hidung yang lain.

- Seberapa sering Anda harus mengairi hidung dengan neti pot? Orang yang menderita masalah sinus yang parah atau alergi merasa lega dengan mengairinya setiap hari.[2] Setelah gejalanya membaik, disarankan untuk menggunakannya tiga kali per minggu.

5. Mandilah di bawah pancuran selama sekitar 10 sampai 15 menit, dengan menggunakan air sepanas mungkin (sesuai daya tahan Anda)

Tarik dan keluarkan napas dengan dalam untuk mengisi paru-paru dan rongga hidung dengan uap.

6. Gunakan perawatan uap dengan menempatkan kepala di atas sepanci air yang mengepulkan uap

Pastikan airnya tidak membuat kulit Anda melepuh. Tambahkan sedikit teh chamomile ke dalam air, dan gantungkan handuk di atas kepala Anda untuk menangkap lebih banyak uap.

7. Tetaplah menghadap ke atas dan ganjal kepala agar mengarah ke atas ketika Anda tidur

Hidung mampet yang disebabkan oleh vasomotor rhinitis dapat berpindah ke salah satu bagian dari rongga hidung ketika Anda berbaring di salah satu sisi tubuh Anda, yang memperparah hidung tersumbat.[3] Ganjal kepala Anda dengan beberapa bantal jika Anda berbaring dan cobalah untuk tidur telentang, jika memungkinkan.

8. Terapkan panas pada bagian luar hidung dengan menggunakan sumber panas seperti beanbag yang dapat digunakan kembali (kacang yang dibungkus dengan bahan yang dijahit)

Panaskan dalam microwave selama sekitar 1,5 sampai 2 menit. Tempelkan beanbag pada hidung selama sekitar 20-30 detik pada satu waktu. Angkat selama 5-10 detik dan ulangi sampai hidung Anda lega.

9. Makan Altoid

Altoid bisa sangat efektif untuk melegakan hidung yang tersumbat. Altoid memiliki rasa mint.

Bagikan artikel ini ke teman, kerabat, dan saudara Anda yang mempunyai masalah hidung tersumbat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+